Langsung ke konten utama

SNMPTN, SBMPTN, dan segala kegalauannya~



Hello bloggers! Ketemu lagi nih di kesempatan ini. Well, well. Kali ini aku bakalan share nih tentang 'KEGALAUAN MEMILIH PTN". Yaa, maklum banget, sebagai siswi kelas 12, aku bener-bener ngerasain bumbu-bumbu galaunya milih prodi. Apalagi, kalo ga salah sih, tanggal 6 Februari 2014 udah dibuka pendaftaran SNMPTN UNDANGAN-nya. Ngelihat temen-temen pada galau milih prodi, milih PTN, nyari peluang, takut ini itu, takut ngecewain ortu, dll. Pusingggg sendiri seriusan -_-.


Nah, dalam SNMPTN Undangan ini, kita diwanti-wanti agar bener-bener selektif dan hati-hati dalam memilih program studi yang sesuai dengan minat dan bakat kita. Tapi nih sayangnya, dengan kata "hati-hati" ini, terkadang malah membuat nyali menciut loh (sejujurnya, aku pernah mengalami hal ini gaesss). Program studi favorite anak SMA IPA sampai detik ini, sampai saat aku nulis artikel ini, masih tetep kokoh pada Fakultas Kedokteran, kemudian disusul dengan Fakultas Farmasi, lalu diposisi ketiga dipegang oleh Teknik Sipil, posisi keempat diambil oleh Pendidikan Biologi, kelima Fakultas Kedokteran Gigi, keenam Pendidikan Guru Sekolah Dasar, ketujuh Bahasa dan Sastra Inggris, kedelapan Teknik Informatika, kesembilan Teknik Kimia, lalu Teknik Arsitektur (ini data sementara disekolahku sih, bakalan diperbarui lagi soalnya ada yang belum setor data prodi PTN :D).
Kalo untuk SMA IPS setahuku sih yang paling favorite itu ya Hubungan Internasional, Hukum, Akuntansi, Manajemen, dan Psikologi. Tapi nggak tahu lagi kalo berubah, ya pokoknya sekitar itulah.

Kalo untuk di daerahku, Jawa Timur, PTN Favorite tetep dipegang sama Universitas Airlangga & Universitas Brawijaya. Kalo tekniknya tetep berdiri kokoh Institut Teknologi Sepuluh November. Kalo untuk temen-temenku nih, kebanyakan mereka emang ambil di sekitar jatim aja. Kalo ditanyai "Kenapa kamu nggak ambil luar jatim aja? Kan ada kuota, lumayan gede pula?". Jawabannya macem-macem gaess. Ada yang nggak boleh sama ortunya, takut banyak saingan, takut pergaulan bebas, takut nggak lolos, takut passing grade, dan blablabla~ padahal, kata kakak kelasku yang kuliah di Univeristas Padjajaran sam Universitas Jendral Soedirman nih, tiap univ di luar provinsi itu punya kuota lumayan buat pelajar dari luar provinsi buat join di univ mereka. Sayang banget kalo nggak ambil kesempatan itu kan? Nah~


Well... Ini ada beberapa alasan (menurut survei iseng yang udah aku coba) siswa/siswi milih PTN / prodi :
1) Milih prodi yang peminatnya sedikit -> "Saingannya banyak banget kalo aku ambil prodi *tiittt*. Ntar aku nggak lolos gimana? Bisa sih aku ambil itu tapi ambil di univ *tittt*. Tapi nggak ah, aku ambil ini aja. Ini peminatnya dikit, jadi peluangku gede dong"

~ Halo cinteee... kalo prodi itu direbutin banyak orang, itu merupakan tanda mutlak prodi itu favorite dan terkenal bagus. Akreditasi juga pasti udah kejamin (biasanya udah A). Aku pernah dikasih wejangan yang ngena banget sama guru bahasa inggrisku, gini : "Kalian jangan asal-asalan milih prodi atau PTN ya. Karena itu bakalan mempengaruhi kesempatan kerja kalian. JANGAN ASAL POKOKNYA KULIAH. Perhatikan akreditasi PTN dan Prodinya". Nah, nasehat ini aku pegang banget. So, kalo kalian mikir aah yang penting kuliah, THINK AGAIN! Ini menyangkut masa depan kalian gaess :)

2) Takut milih PTN favorite -> "Nanti kalo aku daftar disini, ntar saingannya itu lho. Bukan apa-apa sih, tapi gimana ya? Ah kesini aja deh, nggak kesitu".

~Eheeemm... Ini balik lagi ke penjelasan alasan pertama. PTN itu banyak dipilih karena udah terkenal kualitas sistem mengajarnya bagus bukan (akreditasi)? Hasil lulusan (alumni) dalam pengabdiannya di masyarakat (berarti) cukup mendapat tempat bukan?Apa kamu nggak mau jadi bagian didalamnya? :)


3) Prospek Kerja -> "Aku ambil ini aja, prospek kerja kedepannya bagus. Sesuai banget sama aku, dan hobiku".

~Yaya, boleh dan bisa jadi kok darl. Tapi tetep inget ya, kuliah itu bukan tempat untuk mengarahkan kamu ke suatu pekerjaan tertentu. Namun, lebih kepada memberi bekal ilmu yang lebih, dan menjadikan kamu sebagai "sumber daya manusia" yang lebih berkualitas. So, kuliah serap ilmunya dalem-dalem, agar bisa diaplikasikan saat udah lulus nanti :)


4) Nggak dibolehin kuliah jauh-jauh -> "Gimana nih? Ortuku nggak ngebolehin kuliah disana, padahal udah taken banget!"

~Wah, ini masalah paling sensitif. Bicarakan dulu dengan orangtua baik-baik. Beri mereka pandangan-pandangan dan prospek kamu kedepan. Berikan alasan kuat kenapa kamu pengen kesana, TAPIIIII kalo tetep nggak dibolehin jangan maksa ya cantik. Karena ridho orangtua itu ridhonya ALLAH, jadi cari barokahnya aja. be patient, ALLAH knows what's the best kok :)


Itu tadi beberapa alasannya, sekarang aku bakal ngeshare sedikit motivasi, ini aku ambil dari beberapa nasihat orangtua, guru-guruku dan buatanku sendiri :

1) JANGAN PERNAH TAKUT BERMIMPI ~ ibaratnya satu kursi yang sedang diperebutkan ribuan orang, berusaha pertahankan kursi itu, apapun yang terjadi, walaupun banyak yang juga menginginkannya. tetap pegang kokoh apa yang kamu yakini, apa yang kamu impikan. karena tuhan pasti akan melihat, mendengar, Dia tidak tidur. tetap berusaha keras mempertahankan kursi itu.

2) JANGAN TAKUT BERSAING ~ SNMPTN itu ibarat awal dari persaingan dalam kehidupan. Ini baru awal, belum persaingan sesungguhnya. Kamu baru saja "menginjak" tanah kehidupan yang sesungguhnya. Diluar sana, kehidupan akan jauh lebih keras, persaingan sengit, saling menjatuhkan. Kalau kamu awal saja sudah ciut, bagaimana nanti? Think.

3) CIBIRAN = KEKUATAN ~ Anjing menggonggong, kafilah berlalu. Birlah mereka mencibirmu, menjatuhkan, pesimis kepadamu. Itu motivasi dear. Motivasi menjadikan kamu lebih semangat, kuat, dan berusaha lebih keras menggapai apa yang kamu inginkan. Berjanjilah : "Suatu hari, aku akan membeli mulut-mulut mereka yang menghinaku, pasti"

4) TAWAKAL DAN IKHTIAR ~ Berusaha tanpa doa percuma, doa tanpa usaha sia-sia. They must be balanced. Start from now on .



BISMILLAHIROHMANIROHIM. MAN JADDA WAJADA. ALLAH KNOWS WHAT'S THE BEST FOR US. BELIEVE IN ALLAH. KEEP FAITH, KEEP FIGHTING, STRONGER, AND KEEP STRUGGLING. #UN2014 #SNMPTNSBMPTN2014 #SUKSES!!!! AAMIIN.....



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Seputar Ilmu dan Teknologi Pangan (Food Science and Technology)

Assalamualaikum wr. wb. Hai bloggies! Ketemu lagi dengan saya di malam nan sendu dan syahdu habis ujan yang baru aja berhenti hehe. Nah, kali ini saya bakalan share sedikit nih tentang jurusan kuliah saya. Yap, Teknologi Hasil Pertanian program studi Ilmu dan Teknologi Pangan atau bahasa kerennya Food Science and Technology. Di tulisan ini, In shaa Allah saya akan share mengenai apa aja yang dipelajari di program studi ini, prospek ke depannya bagaimana, title yang didapat nanti apa dan masih banyak lagi. Saya niatin bikin tulisan ini udah lama banget tapi baru kesampaian sekarang karena alhamdulillah program studi ini peminatnya tiap tahun terus meningkat dan dicari! Wah, mantab kan? Yuk langsung aja kita bedah, Ilmu dan Teknologi Pangan! What is Food Science and Technology? Ilmu dan Teknologi Pangan atau dikenal dengan istilah Food Science and Technology mempunyai dua pengertian yang berbeda. Food science atau ilmu pangan adalah ilmu yang mempelajari tentang reaksi fisik

Arti Nama *CASILDA* dalam SEJARAH ISLAM :)

Dia adalah Casilda, seorang gadis cantik tawanan gerombolan kaum muslimin. Katakanlah bahwa yang menawan Casilda adalah sebuah gerombolan. Sebab mereka terdiri dari anak-anak muda muslim yang mengalami nasib yang sama. Sama-sama diperlakukan sadis oleh orang Spanyol. Keluarga mereka habis dibantai. Desa mereka dibakar. Terbayang kembali dalam memori pemuda berusia dua puluh tahun yang bernama Ja’far. Desanya yang terletak di ketinggian gunung itu sebelum diserang oleh orang-orang Spanyol, merupakan  desa aman dan tentram. Ketentraman ini membuat desa-desa lain di sekitarnya merasa iri hati. Ketenangan desa dicapai melalui sebuah perjanjian antara pihak Spanyol dengan penduduk desa. Bahwa tentara Spanyol tidak akan mengusik ketenangan desa yang penduduknya semua muslim. Imbalannya ialah dengan menyerahkan upeti dalam jumlah yang sangat besar. Tetapi dasar Spanyol. Beberapa tentaranya haus darah. Mereka menyerang desa Santa Gumara yang dekat dengan Saragosa itu. Semua

The Story of Abu Bakar Ash-Siddiq (Part 1)

Assalamualaikum. Salam untuk semua saudara muslim dan muslimahku sekalian. Alhamdulillah, pada kesempatan kali ini saya bisa bertemu lagi dan diberi kesempatan oleh Allah untuk menulis sekaligus menebar ilmu dan kebaikan melalui blog ini. Pada pagi hari 21 Januari 2015 yang sedikit mendung ini, saya akan membahas tentang sahabat-sahabat Rasulullah Muhammad SAW. Untuk mengawalinya, saya akan membahas sahabat yang paling dicintai oleh Rasulullah sekaligus khalifah pertama pengganti beliau, yaitu Abu Bakar Ash-Siddiq (semoga Allah selalu merahmati beliau). Langsung saja kita simak kisahnya. Semoga menginspirasi! Biografi Abu Bakar Ash-Siddiq Abu Bakar Ash-Shiddiq adalah orang yang paling awal memeluk Islam sebagai agamanya, sehingga beliau termasuk ke dalam orang-orang yang dijuluki assabiqunal awwalun . Selain itu, beliau juga merupakan salah satu dari empat khalifah yang diberi gelar khulafaur rasyidin (khalifah yang diberi petunjuk) yang dibaiat/ditunjuk oleh umat Islam sebagai