Langsung ke konten utama

Why Islam?

Assalamu'alaikum saudara-saudara muslimku sekalian. Apa kabar kalian hari ini? Semoga tetap berada dibawah lindungan Allah Swt. Kali ini saya akan menuliskan artikel Islami yang berjudul "Why Islam?" Saya tertarik mengusung tema ini karena saya sering mendapati pertanyaan : "Semua agama mengajarkan kebaikan kepada pengikut-pengikutnya. Baik itu Islam, Kristen, Katolik, Hindhu, Budha dan lain sebagainya. Tetapi mengapa seakan-akan, muslim mengklaim bahwa agama mereka yang paling baik?". Nah, berkenaan dengan pertanyaan tersebut, langsung saja kita bahas topik menarik ini.

Perbedaan utama antara Islam dengan agama-agama yang lain

Semua agama pada dasarnya mengajarkan untuk berbuat kebaikan di muka bumi ini, baik dalam hal kebaikan sesama manusia, sesama makhluk ciptaan Tuhan, dan lain sebagainya. Tetapi perbedaan Islam dengan agama-agama lain yang ada sekarang adalah Islam menelaah lebih dalam tentang hal ini. Islam memberikan panduan dalam mempraktekkannya dalam kehidupan. Islam memandu kita melalui praktek kehidupan dalam mencapai kebaikan dan menghilangkan keburukan dari hidup kita secara pribadi maupun kolektif. Islam mencakup pandangan terhadap sifat dasar manusia dan kerumitan kehidupan masyarakat. Islam adalah panduan yang diturunkan langsung oleh sang Maha Pencipta. Itulah sebabnya mengapa Islam disebut sebagai Deenul-Fitrah atau agama yang suci (Dr. Zakir Naik).

Al-Qur'an adalah panduan tata kehidupan manusia

Islam melalui Al Qur'an secara lengkap dan komplit menjabarkan cara hidup yang benar, sehingga bisa dijadikan acuan dalam mengarungi kehidupan di dunia (bahkan nantinya di akhirat). Saya beri contoh disini :

1) Islam sangat melindungi dan menghormati perempuan. Buktinya?

Semua agama mendeklarasikan bahwa penganiayaan dan pemerkosaan sebagai dosa besar. Islam juga mengajarkan hal yang sama. Lalu apa perbedaan Islam dengan agama yang lain? Perbedaannya terletak pada fakta bahwa Islam tidak semata-mata mengajarkan hormat pada perempuan atau tidak menyukai penganiayaan dan pemerkosaan sebagai tindakan kriminal yang serius, tapi juga memberikan panduan bagaimana masyarakat bisa menghapuskan tindak kriminal tersebut.
Di dalam agama Islam dijelaskan bahwa seorang muslimah yang telah memasuki masa baligh diwajibkan untuk menutup seluruh auratnya kecuali muka dan telapak tangan. Hal ini jelas tertulis dalam Al-Qur'an Surah Al-Ahzab : 59 yang artinya :
"Hai Nabi! Katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang yang beriman, hendaklah mereka mengulurkan hijabnya ke seluruh tubuh mereka (ketika keluar rumah): yang demikian itu supaya mereka lebih mudah dikenal dan tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." 

Banyak yang beranggapan bahwa hijab adalah sesuatu yang dapat mengekang wanita dalam berpendapat atau hidupnya. Hijab dianggap membatasi pergerakan seorang wanita dalam berekspresi atau memberikan kontribusinya. Padahal sesungguhnya, hijab adalah pakaian pelindung bagi wanita agar terhindar dari kejahatan. Hijab adalah pelindung wanita dari kejahatan yang mungkin bisa melecehkan dan merendahkannya.  Fakta menunjukkan, di Negara-negara Eropa yang wanitanya sangat minim dalam berpakaian tingkat perkosaan jauh lebih tinggi. Kurang lebih 17,7 juta wanita AS pernah menjadi korban percobaan perkosaan atau perkosaan. Data statistik itu dihimpun organisasi nasional AS untuk anti kekerasan; Rape, Abuse, and Incest National Network (RAINN), setiap menit terjadi 24 pemerkosaan di Amerika (AS). Amerika Serikat (AS) justru berada diurutan ke 57 dalam survei. Dari jumlah itu, 2,8 persen menjadi korban percobaan perkosaan. Sementara Arab Saudi yang sering menjadi kambing hitam justru menduduki peringkat 115 dari 116 negara yang disurvei. (lihat: http://www.nationmaster.com/graph/cri_rap-crime-rapes). Al-Qur'an menyatakan bahwa Hijab ditentukan untuk dikenakan oleh perempuan sehingga mereka dikenal sebagai perempuan yang sopan sehingga terjaga dari segala penganiayaan. Islam mempunyai solusi yang praktis untuk setiap masalah manusia.

2) Di dalam Islam terdapat sistem zakat. Apa gunanya?
Islam menentukan system Zakat (yaitu kewajiban amal tahunan). Hukum Islam menentukan bahwa setiap orang harus menyimpan yang melebihi nisab, misalnya emas yang beratnya lebih dari 85 gram harus diberi zakat sejumlah 2.5 % dari kelebihan nisab tersebut yang disimpan setiap bulan hijriyah untuk amal. Jika setiap orang kaya di dunia membayar Zakat secara jujur, kemisikinan akan bisa dibasmi/ dihapuskan dari dunia. Tak ada seorang manusia pun yang akan meninggal karena kelaparan (Dr. Zakir Naik).
Jadi dapat disimpulkan bahwa, sistem zakat memiliki manfaat yakni membantu dalam menangani masalah kemiskinan dan kelaparan. Dengan kita membayar zakat, secara tidak langsung kita turut membantu meringankan beban mereka yang membutuhkan sekaligus membantu mengurangi angka kemiskinan.




Segala sesuatu yang dituliskan Allah melalui firman-Nya di dalam Al-Qur'an adalah bermanfaat bagi kehidupan manusia di dunia dan di akhirat kelak. Islam is The Way of Life karena Islam mengatur segala tata kehidupan ini dengan apik yang tertulis dalam Al-Qur'an. Semoga tulisan ini dapat memberi manfaat, dan mohon maaf apabila terjadi kesalahan dalam penafsiran, penulisan atau pengutipan. Manusia adalah tempat salah dan dosa, hanya Allah-lah yang Maha Benar dan Bijaksana. Terimakasih. Wassalamu'alaikum.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Seputar Ilmu dan Teknologi Pangan (Food Science and Technology)

Assalamualaikum wr. wb. Hai bloggies! Ketemu lagi dengan saya di malam nan sendu dan syahdu habis ujan yang baru aja berhenti hehe. Nah, kali ini saya bakalan share sedikit nih tentang jurusan kuliah saya. Yap, Teknologi Hasil Pertanian program studi Ilmu dan Teknologi Pangan atau bahasa kerennya Food Science and Technology. Di tulisan ini, In shaa Allah saya akan share mengenai apa aja yang dipelajari di program studi ini, prospek ke depannya bagaimana, title yang didapat nanti apa dan masih banyak lagi. Saya niatin bikin tulisan ini udah lama banget tapi baru kesampaian sekarang karena alhamdulillah program studi ini peminatnya tiap tahun terus meningkat dan dicari! Wah, mantab kan? Yuk langsung aja kita bedah, Ilmu dan Teknologi Pangan! What is Food Science and Technology? Ilmu dan Teknologi Pangan atau dikenal dengan istilah Food Science and Technology mempunyai dua pengertian yang berbeda. Food science atau ilmu pangan adalah ilmu yang mempelajari tentang reaksi fisik

Arti Nama *CASILDA* dalam SEJARAH ISLAM :)

Dia adalah Casilda, seorang gadis cantik tawanan gerombolan kaum muslimin. Katakanlah bahwa yang menawan Casilda adalah sebuah gerombolan. Sebab mereka terdiri dari anak-anak muda muslim yang mengalami nasib yang sama. Sama-sama diperlakukan sadis oleh orang Spanyol. Keluarga mereka habis dibantai. Desa mereka dibakar. Terbayang kembali dalam memori pemuda berusia dua puluh tahun yang bernama Ja’far. Desanya yang terletak di ketinggian gunung itu sebelum diserang oleh orang-orang Spanyol, merupakan  desa aman dan tentram. Ketentraman ini membuat desa-desa lain di sekitarnya merasa iri hati. Ketenangan desa dicapai melalui sebuah perjanjian antara pihak Spanyol dengan penduduk desa. Bahwa tentara Spanyol tidak akan mengusik ketenangan desa yang penduduknya semua muslim. Imbalannya ialah dengan menyerahkan upeti dalam jumlah yang sangat besar. Tetapi dasar Spanyol. Beberapa tentaranya haus darah. Mereka menyerang desa Santa Gumara yang dekat dengan Saragosa itu. Semua

The Story of Abu Bakar Ash-Siddiq (Part 1)

Assalamualaikum. Salam untuk semua saudara muslim dan muslimahku sekalian. Alhamdulillah, pada kesempatan kali ini saya bisa bertemu lagi dan diberi kesempatan oleh Allah untuk menulis sekaligus menebar ilmu dan kebaikan melalui blog ini. Pada pagi hari 21 Januari 2015 yang sedikit mendung ini, saya akan membahas tentang sahabat-sahabat Rasulullah Muhammad SAW. Untuk mengawalinya, saya akan membahas sahabat yang paling dicintai oleh Rasulullah sekaligus khalifah pertama pengganti beliau, yaitu Abu Bakar Ash-Siddiq (semoga Allah selalu merahmati beliau). Langsung saja kita simak kisahnya. Semoga menginspirasi! Biografi Abu Bakar Ash-Siddiq Abu Bakar Ash-Shiddiq adalah orang yang paling awal memeluk Islam sebagai agamanya, sehingga beliau termasuk ke dalam orang-orang yang dijuluki assabiqunal awwalun . Selain itu, beliau juga merupakan salah satu dari empat khalifah yang diberi gelar khulafaur rasyidin (khalifah yang diberi petunjuk) yang dibaiat/ditunjuk oleh umat Islam sebagai