Langsung ke konten utama

Evan Williams, Si Anak Petani Penemu Blogger dan Twitter



Background sebagai anak seorang petani tidak serta merta membuat Evan Williams patah arang dalam perjalanan kariernya. Bayangkan, Ia yang terlahir sebagai anak seorang petani ternyata mampu mengubah dunia. Saya tidak bisa membayangkan jikasaja blogger.com tidak pernah diciptakan. Mungkin bisnis PPC, PPP, dan lain-lain akan sangat sepi.

Meskipun blogger bukanlah satu-satunya penyedia blog gratis di dunia, namun tidak bisa dipungkiri bahwa mayoritas pengguna blog di dunia menggunakan blogger.





Evan Williams (lahir 31 Maret 1972 di Nebraska). Ia adalah seorang wirausahawan AS yang telah mendirikan beberapa usaha. Dua di antaranya yang paling terkenal adalah Blogger sebelum dibeli oleh Google dan Twitter. Williams dibesarkan di sebuah peternakan di Clarks, Nebraska , yang dibantu dengan irigasi tanaman di musim panas. Dia kuliah di Universitas Nebraska selama satu tahun setengah. 



Setelah meninggalkan sekolah, Williams bekerja di pekerjaan berbagai teknologi dan start-up perusahaan-perusahaan di Key West, Dallas, Austin, Texas dan lagi di peternakan keluarganya di Nebraska. Pada tahun 1996 Williams pindah ke Sebastopol, California di Sonoma County bekerja untuk penerbitan perusahaan teknologi O'Reilly Media. Ia dimulai pada O'Reilly dalam posisi pemasaran tetapi akhirnya menjadi kontraktor independen menulis kode komputer, yang menyebabkan peluang lepas dengan perusahaan termasuk Intel dan Hewlett-Packard.



Evan Williams dan Meg Hourihan mendirikan Pyra Labs untuk membuat perangkat lunak manajemen proyek. Sebuah fitur mencatat berputar off sebagai Blogger , salah satu aplikasi web pertama untuk membuat dan mengelola weblog. Williams menemukan "blogger" istilah dan berperan dalam mempopulerkan "blog" yang akhirnya diakuisisi oleh Google pada tanggal 13 Februari 2003. Pada tahun 2003, Williams menjadi salah satu dari 100 inovator terbaik di dunia di bawah usia 35. Pada tahun 2004, ia menjadi salah satu dari  "Tokoh Tahun Ini" menurut PC Magazine 's, bersama dengan Hourihan dan Paul Bausch untuk pekerjaan mereka di Blogger.

 

Williams meninggalkan Google pada Oktober 2004 untuk bersama ditemukan Odeo, sebuah Podcasting perusahaan. Pada akhir 2006, Williams mendirikan Obvious Corp dengan Biz Stone dan Odeo mantan karyawan untuk mendapatkan semua properti sebelumnya dari mantan pendukung Odeo itu Pada bulan April 2007, Odeo diakuisisi oleh Gunung Sonic.



Twitter

Di antara proyek Obvious Corp's adalah Twitter , sebuah jejaring sosial gratis dan layanan micro-blogging. Twitter sendiri adalah berputar keluar menjadi perusahaan baru pada bulan April 2007, dengan Williams sebagai co-pendiri, anggota dewan dan investor. Pada bulan Oktober 2008, Williams menjadi CEO dari Twitter, menggantikan Jack Dorsey yang menjadi ketua dewan. Pada Februari 2009, menurut Compete.com  Twitter menjadi situs jejaring sosial ketiga yang paling banyak digunakan berdasarkan hitungan mereka 6 juta pengunjung bulanan yang unik dan 55 juta kunjungan bulanan. Pada 14 April 2010, Twitter telah 105.779.710 pengguna terdaftar. Ia mendapat 300.000 pengguna baru setiap hari dan menerima 180 juta pengunjung unik per bulan. 75% dari lalu lintas berasal dari luar Twitter.com. Pada tanggal 4 Oktober 2010, Williams mundur dari CEO (akan diambil alih oleh Dick Costolo).






Kehidupan Pribadi


Williams adalah seorang vegetarian. Dia tinggal di San Francisco Bay Area dengan istrinya, Sara Morishige. Bersama-sama mereka memiliki satu anak.
 












Komentar

Postingan populer dari blog ini

Seputar Ilmu dan Teknologi Pangan (Food Science and Technology)

Assalamualaikum wr. wb. Hai bloggies! Ketemu lagi dengan saya di malam nan sendu dan syahdu habis ujan yang baru aja berhenti hehe. Nah, kali ini saya bakalan share sedikit nih tentang jurusan kuliah saya. Yap, Teknologi Hasil Pertanian program studi Ilmu dan Teknologi Pangan atau bahasa kerennya Food Science and Technology. Di tulisan ini, In shaa Allah saya akan share mengenai apa aja yang dipelajari di program studi ini, prospek ke depannya bagaimana, title yang didapat nanti apa dan masih banyak lagi. Saya niatin bikin tulisan ini udah lama banget tapi baru kesampaian sekarang karena alhamdulillah program studi ini peminatnya tiap tahun terus meningkat dan dicari! Wah, mantab kan? Yuk langsung aja kita bedah, Ilmu dan Teknologi Pangan! What is Food Science and Technology? Ilmu dan Teknologi Pangan atau dikenal dengan istilah Food Science and Technology mempunyai dua pengertian yang berbeda. Food science atau ilmu pangan adalah ilmu yang mempelajari tentang reaksi fisik

Arti Nama *CASILDA* dalam SEJARAH ISLAM :)

Dia adalah Casilda, seorang gadis cantik tawanan gerombolan kaum muslimin. Katakanlah bahwa yang menawan Casilda adalah sebuah gerombolan. Sebab mereka terdiri dari anak-anak muda muslim yang mengalami nasib yang sama. Sama-sama diperlakukan sadis oleh orang Spanyol. Keluarga mereka habis dibantai. Desa mereka dibakar. Terbayang kembali dalam memori pemuda berusia dua puluh tahun yang bernama Ja’far. Desanya yang terletak di ketinggian gunung itu sebelum diserang oleh orang-orang Spanyol, merupakan  desa aman dan tentram. Ketentraman ini membuat desa-desa lain di sekitarnya merasa iri hati. Ketenangan desa dicapai melalui sebuah perjanjian antara pihak Spanyol dengan penduduk desa. Bahwa tentara Spanyol tidak akan mengusik ketenangan desa yang penduduknya semua muslim. Imbalannya ialah dengan menyerahkan upeti dalam jumlah yang sangat besar. Tetapi dasar Spanyol. Beberapa tentaranya haus darah. Mereka menyerang desa Santa Gumara yang dekat dengan Saragosa itu. Semua

Sajak : Diam Lebih Baik (Silent is better)

Amarah yang datang menghampiri Terkadang membuatku diperdaya Panas membara didalam dada Ah.. serasa semua terkena imbasnya Tapi aku lebih memilih diam Karena aku tahu, hanya diamlah cara terbaik meredam amarah Saat aku mendapati beribu kekecewaan Seakan hati ini tak kuat bertahan Ingin rasanya berteriak sekencang yang aku bisa Menyalahkan takdir yang diberikan Sang Kuasa Tapi aku lebih memilih diam Karena aku tahu, jika aku terlalu banyak membicarakan kekecewaan itu Maka ia akan semakin membakar hatiku Ketika aku bersedih Aku hanya bisa menahan Mencoba meredamnya lebih dalam Bahkan airmata yang telah menetespun, aku seka Dan sekali lagi Aku lebih memilih diam Karena aku tidak ingin membagi kesedihanku kepada orang lain Cukuplah aku dan Allah yang tahu Mungkin ini adalah salah satu hal yang sulit Mencintai seseorang dalam diam Diam-diam mendoakannya dalam malam Tak luput menyebut namanya didalam setiap doa yang terpenjat Kenapa lebih memilih diam? Karena aku